5 DAFTAR BARANG DI RUMAH YANG PERLU DI CEK DAN DIGANTI

5 DAFTAR BARANG DI RUMAH YANG PERLU DI CEK DAN DIGANTIMalam ini postingannya rada telat jam hampir menunjukkan 01.30 dini hari... Sudah waktunya tidur, berbicara masalah tidur pernah tidak terpikir bahwa sudah berapa lama bantal dan guling serta kasur tempat kita bobo menemani sepanjang malam? 1 tahun, 2 tahun? Entah sudah berapa lama bantal, guling tersebut menemani tidur dan berbagai macam aneka kotoran yang menempel...

Sebenarnya barang-barang yang biasa kita gunakan termasuk bantal guling mempunyai batas kadaluarsa. Hal ini hanya demi kesehatan aja sich, tapi kalau masih pengen mempertahankan ya..monggo..!!

Dan inilah 5 daftar yang ada di dalam rumah yang memiliki masa 'kadaluarsa' dan perlu untuk diganti secara teratur:

1. Ganti bantal dan guling setiap tahun (banyak yang nempel tuch..)
Kulit mati, kotoran rambut dan minyak alami menempel pada bantal setiap hari. Bakteri dengan mudah berkembang biak pada bantal, apalagi jika suhu kamar dalam keadaan lembab. Untuk itu, gantilah bantal dan guling Anda dengan yang baru setiap tahun.

2. Ganti kasur tidur setelah digunakan 5 hingga 10 tahun (wakk..ini juga..)
Menurut National Sleep Foundation, kasur atau matras yang baik adalah yang mampu menyangga tubuh dengan tepat saat tidur. Efektifitasnya sekitar 9 hingga 10 tahun. Penelitian yang dilakukan tim dari Oklahoma State University menemukan orang yang mengganti kasurnya tiap lima tahun, kualitas tidurnya lebih baik dan risiko sakit punggungnya lebih rendah.

3. Ganti pendingan ruangan setelah 15 tahun
Dengan pemeliharaan yang baik, pendingin ruangan bisa bertahan hingga 15 tahun. Selalu periksa filter setiap enam minggu sekali, terutama ketika cuaca lembab. Jika filter dalam keasdaan kotor, udara disekiatar ruangan juga akan kotor. Untuk itu bersihkan filter secara teratur.

4. Ganti sikat gigi setiap tiga hingga empat bulan
American Dental Association merekomendasikan 3 hingga 4 bulan untuk mengganti sikat gigi. Bulu sikat yang usang tak lagi efektif membershkan gigi dan bisa membuat gigi lebih rentan terhadap kerusakan.

5. Ganti produk antibakteri setelah satu tahun
Gantilah produk-produk anti bakteri, seperti salep, krim atau cairan setiap satu tahun sekali. Meskipun terkadang tidak ada perubahan warna maupun bau, tetapi campuran bahan kimia dalam salep atau krim, membuat produk menjadi kurang efektif.

Emang sih tidak ada keterangan pendukung dari pakar, tapi coba renungkan...perlu ga diganti. Semoga bermanfaat deh

[vivanews.com]

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2011 RPP silabus SD | Designs By Bhambank Mbambong Blog | Powered by Blogger