PREDIKSI GEMPA BUMI DENGAN KODOK, MUNGKINKAH DITERAPKAN?

PREDIKSI GEMPA BUMI DENGAN KODOK, MUNGKINKAH DITERAPKAN?Hampir setiap hari bumi tempat tinggal kita ini di guncang gempa, walaupun tidak semuanya dapat kita rasakan. Hal itu dikarenakan gempanya berkekuatan kecil.

Untuk memprediksi kedatangan gempa bumi memang sulit. Namun kodok rupanya bisa menjadi alarm sebelum gempa bumi datang. Wah...

Ciri-ciri umum kedatangan gempa bumi biasanya ditandai oleh perilaku aneh hewan. Mulai dari burung-burung yang terbang ke arah yang tidak biasa hingga anjing yang menjadi gelisah selama beberapa hari sebelum gempa.

Namun kebanyakan cerita ini biasanya tidak dibarengi data ilmiah. Peneliti menemukan indikator baru untuk mengetahui kedatangan gempa, yaitu dengan memperhatikan tingkah laku kodok. Menurut peneliti, kodok yang tengah berkembang biak bisa menjadi indikator perubahan lingkungan sebelum terjadi gempa.

Tim yang dipimpin oleh ahli zoologi Rachel Grant asal Inggris ini juga menemukan bahwa gangguan yang terjadi di lapisan atmosfer yang lebih tinggi sebelum gempa terjadi berkorelasi dengan pergerakan kodok.

"Ini adalah studi pertama yang menggali perilaku hewan sebelum gempa dengan cara ilmiah dan metodologis. Kami melakukan studi sesuai dengan yang seharusnya dan secara ilmiah dengan konsisten melihat perilaku mereka," kata Grant seperti dikutip dari LiveScience, Rabu (31/3/2010).

Kodok sangat sensitif mengetahui kedatangan gempa sehingga mudah bagi mereka untuk segera melarikan diri dan melompat ke tempat aman sebelum gempa datang.

Studi ini menguak fakta bahwa kodok melepaskan telur-telur mereka lima hari sebelum gempa bumi menghantam L'Aquila, Italia, pada April 2009. Kodok-kodok itu baru akan kembali beberapa hari setelah goncangan terjadi. Hal ini dianggap tidak lazim karena biasanya kodok tidak pernah meninggalkan telur-telurnya dalam waktu yang lama.

Penelitiannya memang sangat bagus, tapi yang jadi permasalahannya "Apakah Harus Sedia Kodok Atau Pelihara Kodok, Biar Tahu Kapan Gempa Terjadi...??
[techno.okezone.com]

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2011 RPP silabus SD | Designs By Bhambank Mbambong Blog | Powered by Blogger