Titik Kulminasi Matahari Hanya Terjadi Di 10 Negara

Menjelang detik-detik titik kulminasi pada 23 Maret 2010, pukul 11:50 WIB dirayakan di Pontianak. Maklum, pesona kulminasi matahari ini hanya terjadi di 10 negara saja di dunia.

Titik Kulminasi Matahari Hanya Terjadi Di 10 Negara"Pameran berbagai produk UKM hasil produk rumah tangga di Kota Pontianak termasuk salah satu agenda untuk memeriahkan peristiwa detik-detik titik kulminasi pada 21 - 23 Maret sekira pukul 11:50 WIB," kata Wakil Wali Kota Pontianak, Paryadi di sela-sela sambutannya pada pembukaan pameran berbagai produk UKM di Pontianak, Sabtu (20/3).

Paryadi mengatakan, peringatan titik kulminasi tahun ini diadakan dalam bentuk rangkaian kegiatan semeriah mungkin. "Kami juga menyiapkan tribun yang mengelilingi lokasi titik kulminasi agar mudah dilihat oleh pengunjung," ujarnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya dilingkari kotak kecil sehingga sulit bagi pengunjung untuk melihat peristiwa alam tersebut. "Kalau tahun-tahun sebelumnya para pengunjung berebut mengerumuni pusat kotak sehingga tidak terlihat seperti apa pergerakannya titik kulminasi tersebut," ujarnya.

Ia berharap, cuaca pada hari puncak titik kulminasi, Selasa (23/3) tidak mendung agar pergerakan titik kulminasi hingga nol derajat bisa disaksikan bersama-sama.

Untuk acara yang juga hanya terjadi di Gabon, Zaire, Uganda, Kenya, Somalia, Equador, Peru, Columbia dan Brazil ini, pemerintah Kota Pontianak telah mengundang tamu-tamu dari Brunei Darussalam dan Malaysia.
[inilah.com]

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2011 RPP silabus SD | Designs By Bhambank Mbambong Blog | Powered by Blogger