Ratu Mesir Behenu Tawarkan Roti dan Bir Saat Mati

Ratu Mesir Behenu Tawarkan Roti dan Bir Saat MatiMenurut terjemahan hieroglif yang terukir di batu kuburan 4000 tahun yang ditemukan pekan ini, Roti dan bir itulah yang ditawarkan Ratu Mesir Behenu saat dimakamkan.

Dikenal sebagai "Pyramid Texts," hieroglif ini mewakili tulisan-tulisan keagamaan tertua Mesir dan secara luas digunakan di makam-makam kerajaan selama 5 hingga 6 dinasti dari Kerajaan Lama Mesir.

Prof James P Allen penulis buku Teks Piramida Mesir Kuno, Tulisan dari Dunia Kuno menilai teks itu menampilkan apa yang dikenal sebagai Ritual Persembahan yang selalu diukir di dinding utara ruang pemakaman di piramida kerajaan.

Semua ritual itu awalnya dibacakan oleh seorang imam. Ritual itu disertai dengan persiapan dan penyajian makanan yang hebat. Sebagai contoh, dalam kasus Ratu Behenu, dipersembahkan empat kali ke mata Horus berupa satu roti dan satu kendi bir.

Persembahan biasanya disebut "Mata Horus," mengacu pada mitos perjuangan di mana mata elang dewa Horus sobek oleh lawannya Seth, dan kemudian dikembalikan.

[inilah.com]

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2011 RPP silabus SD | Designs By Bhambank Mbambong Blog | Powered by Blogger