Video Kecelakaan Pesawat Ruang Angkasa Challenger Ditemukan

Akhirnya Video kecelakaan dari pesawat ruang angkasa Challenger berhasil ditemukan, setelah hampir seperempat abad terkunci di dalam ruang bawah tanah sebuah rumah di Florida.

Video amatir mengejutkan tersebut direkam oleh seorang pensiunan ahli kaca mata Jack Moss dengan kamera video miliknya pada pagi hari tanggal 28 Januari 1986.


Video Kecelakaan Pesawat Ruang Angkasa Challenger Ditemukan
Hasil tangkapan film empat menit itu menyangkut momentum ledakan pesawat, 73 detik setelah peluncuran di pusat ruang angkasa Kennedy di Florida.

Kecelakaan itu menewaskan ketujuh astronotnya yang sedang berada di dalam pesawat, dan menyebabkan evaluasi ulang pesawat ruang angkasa berawak manusia NASA beberapa tahun setelahnya.

Film amatir tersebut dipercaya sebagai bukti satu-satunya yang berhubungan dengan bencana pesawat ruang angkasa terburuk di dunia, dan direkam pada era sebelum kamera ponsel mobile ada. Bahkan pada saat itu alat perekam camcorder masih sangat jarang.

“Saya tidak berpikir bahwa Moss akan memikirkan dampak signifikan terhadap hal tersebut. Dia menempatkan rekaman tersebut bersama dengan rekaman lainnya di bawah tanah dan melupakannya begitu saja,” ujar Direktur Eksekutif Arsip Eksplorasi Ruang Angkasa Marc Wessels, sebuah badan yang mengumpulkan memorabilia dokumen ruang angkasa untuk tujuan pendidikan.

“Itu sungguh momentum unik dalam sejarah. Kami telah melihat gambar dari titik ledakan di Cape Canaveral, tetapi belum pernah ada yang semacam ini. Sungguh jejak asli yang luar biasa,” ujar Wessels.

Rekaman tersebut ditemukan setelah Moss memberitahukan kepada Wessels tahun 2009 lalu bahwa dia telah menyaksikan peluncuran pesawat ruang angkasa tersebut dari halaman depan rumahnya di Winter Haven Florida sekitar 80 mil dari Cape Canaveral.

“Saya mengatakan bahwa saya perlu membicarakan hal tersebut dengannya, tetapi kemudian Moss menjawab dia memiliki rekaman videonya,” tambah Wessels yang juga adalah pastur Moss sebelum Moss meninggal pada bulan Desember 2009.

“Dia mengatakan bahwa aku bisa memiliki rekaman tersebut jika dia meninggal. Butuh waktu untuk berhasil menemukan pemutar video Betamax kuno, lalu perlu menontonnya selama 4 jam acara hiburan dan komedi situasi tahun 1980-an, tetapi ketika akhirnya aku menemukan film Challenger reaksiku adalah semua orang harus melihat rekaman ini,” tambah Wessels
[inilah.com]

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© 2011 RPP silabus SD | Designs By Bhambank Mbambong Blog | Powered by Blogger